Menginstall XCode Documentation (untuk XCode 4)


Salah satu fitur yang cukup membantu di XCode adalah Quick Help, yang menampilkan dokumentasi berkaitan dengan keyword yang sedang terpilih (highlighted) pada Code Editornya.  Dokumentasi tersebut diambil langsung dari dokumentasi online Apple, sehingga membutuhkan koneksi Internet untuk memunculkannya.
Jika tempat anda selalu terhubung Internet maka anda bisa tetap tenang karena Quick Help akan selalu tersedia.  Bagi saya yang koneksi Internetnya terbatas, akan lebih baik jika dokumentasi tersebut terinstall secara offline, sehingga jika suatu saat membutuhkannya maka saya dapat langsung membukanya tanpa membutuhkan koneksi Internet.
Untuk menginstall dokumentasi langkahnya mudah, pilih menu XCode > Preferences, lalu pilih Documentation, seperti pada gambar berikut.

Tekan tombol Check and Install Now, masukkan password anda pada kotak isian yang muncul, lalu tunggulah beberapa saat.  Dokumentasi lengkap sudah terinstall di Mac anda dan dapat diakses secara offline.  Walaupun versi online akan lebih terupdate, tapi saya lebih memilih versi offline karena alasan keterbatasan koneksi Internet.
Anda sering membutuhkan akses ke dokumentasi? atau anda lebih suka meminta pencerahan dari mbah Google? :)
Oh iya saya hampir lupa, sejak XCode versi 4.0 Apple sudah tidak menyertakan dokumentasi lagi pada installer XCode.  Seingat saya saat menggunakan XCode versi 3 saya tetap dapat mengakses dokumentasi walaupun tidak terhubung ke Internet.

sumber : http://yuanlukito.com/tag/xcode/

0 komentar:

Posting Komentar