Merawat Komputer

oke komputer dan manusia sama harus di rawat karena apa komputer juga perlu istirat karena kalau tidak di istirahatkan komputer bisa cepet hack atau rusak
Kalau untuk manusia perawatan itu ada dua sisi yaitu rohani dan jasmani. Begitu juga dalam hal merawat komputer.. ada dua hal juga yang harus diperhatikan yaitu sisi software dan hardware.
Cara merawat komputer dari sisi software :

  • Selalu lengkapi komputer dengan software antivirus gratis terbaik. Tapi mencegah lebih baik dari mengobati, maka dari pada itu untuk mencegah virus baca 6 artikel keamanan komputer.
  • Defrag selalu harddiskmu. Supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan.
  • Setelah defrag juga akan lebih baik menggunakan Disk Cleanup. Dengam fasilitas default dari windows ini akan menghapus file nggak penting seperi file temporary, file cache Internet.
  • Aktifkan scrensaver jika monitormu masih CRT
  • Please! Uninstal software-software yang tidak pernah digunakan.
  • Supaya nggak ada security hole, Ingat selalu untuk update software anda.
  • Jika sering instal-unistal, Selalu Bersihkan system registry kamu. Banyak kok software untuk membersihkannya, coba cari di softwaregratis.us.
Selanjutnya adalah artikel merawat komputer dari sisi hardware :
  • Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali.
  • Untuk mengantisipasi mati listrik secara tiba-tiba, pakailah STAVOLT atau UPS
  • Gunakan pendingin ruangan. Kalau nggak punya duit bisa memakai Sirip Pendingin dan dan Coolling Fan Ekstra
  • Hindarkan komputermu dengan alat yang dapat memancarkan medan magnet.
  • Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakai dalam waktu lama.
  • Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakaidalam waktu
    1. Jaga kebersihankomputer.
     Bersihkan bagian luar (casing, monitorm, keyboard, mouse, dll) dan bagiandalamkomputer(motherboard, power supply, dll) secara rutin. Untuk bagian luargunakan lap halus dan cairan khusus (bila anda tahu dan yakin akan manfaatnya).
    Sedangkan untuk bagian dalam gunakan sikat atau kuas. Bila anda tidak yakin ataumerasa kurang memiliki pengetahuan, maka coba minta bimbingan orang atau temananda yang lebih ahli.Bila anda suka makan, minum dan merokok di dekat / depankomputer, maka sebaiknyakebiasaan tersebut anda hilangkan karena bisa jadi remah-remah makanan, cairan kopiminuman ataupun nikotin dari rokok akan masuk dan menempel padakomponenkomputersehingga bisa saja akan mengakibatkan kerusakan.
    2. Jaga Tegangan Arus Listrik
     Bila tegangan di rumah anda kurang stabil, maka sebaiknya anda menggunakan alatpenjaga tegangan / stabilizer (stavolt). Untuk lebih bagusnya lagi bila alat tersebut jugamenggunakan batere seperti halnya UPS, untuk menjaga bila sewaktu-waktu bila aliranlistrikPLN di rumah anda padam.Selain itu, jangan mematikankomputerdenganlangsung memutus aliran listrikkomputer, baik melalui tombol power, saklar, mencabutkabel, atau yang lainnya.Untuk menjaga agar proses menghidupkankomputertidak ³menyedot´ tegangan listriksecara drastis, hidupkan monitor, CPU, dan perangkat lainnya satu persatu (tidakbersamaan).
    3. Jaga SuhuKomputer
     Bila anda menggunakankomputercukup lama, pastikan juga suhuCPUkomputerterutama suhu processor selalu dalam keadaan dingin atau stabil danmasih dalam batas toleransi.Jika perlu tambahkan kipas pendingin / blower / colling fanatau alat pendingin lainnya untuk menjaga suhu processor tersebut. Bila perlu pasangsoftware / program untuk menjaga dan mendinginkan processor, sedangkan untukmonitor atur settingan screen saver dan power saving.
    4. Jaga dari benda bermagnet

0 komentar:

Posting Komentar