iPhone Developer

Apple membuka peluang bagi siapa saja yang ingin terlibat dalam development gadgetnya seperti iPod, iPad dan iPhone, dengan cara mendesain aplikasi yang dapat digunakan oleh perangkat tersebut. Jadi berbagai jenis program yang biasa dijalankan di iPhone kita seperti aplikasi bisnis, games, utility, multimedia, entertainment, atau hanya sekedar aplikasi ringan, bisa kita rancang sendiri lho, jadi gak perlu make aplikasi buatan orang! Malah klo aplikasi kita itu mau dibagikan ke orang lain atau kita ingin menuai dollar dari hasil jerih payah kita, taro aja aplikasinya di AppStore n cantumin harga. Toko online-nya Apple yang menyediakan fasilitas download aplikasi ini bisa jadi wadah kita berjualan aplikasi yang telah kita buat. Begitu orang lain ngeliat aplikasi kita bagus dan bermanfaat, maka aplikasi tersebut bisa didownload setelah ngasih bayaran ke kita selaku pembuatnya. Asik!
Pernah denger kan kisahnya Ethan Nicholas yangg ngerancang game iShoot (mirip2 game Worm dan Gunbound) mendapatkan pemasukan mencapai $22,000 per harinya. Dan juga Lim Ding Wen, bocah 9 tahun yg membuat aplikasi imaging sederhana lalu mendapatkan keuntungan setelah menjualnya di AppStore. Nah cerita2 begini bisa menjadikan motivasi untuk mendesain aplikasi kita sendiri, syukur2 bisa diterima orang. :)
Wah jadi kepengen buat aplikasi juga nih… Tapi gimana ya caranya?
Nah klo teman-teman pengen ikutan jadi developer juga, mungkin akan melewati tahap2 seperti dibawah ini:

  • Punya Mac
Yang paling penting dan biasanya sih yang paling memberatkan adalah kenyataan bahwa kita hanya bisa mengembangkan aplikasi iPhone diatas sebuah Mac! So pertama-tama beli dulu gih MacBook atau PC berbasis MacOS!
Phew! Gimana donk klo kita gak punya Mac or duit pas2an? Tenang aja, ada kok solusinya! Samperin aj tetangga sebelah trus pinjem MacBooknya! *swt*
Mungkin hal yang bisa dilakukan yaitu kita bisa pake komputer biasa (bukan hardware-nya Mac) dan menanamkan sistem operasi Mac didalamnya. Perlu diingat, melakukan hal ini berarti Anda telah melanggar Agreement-nya Apple. Kalo mau pake cara ini, bisa cari info di insanelymacmac-inul,ihackintosh.org, etc (Google is your friend).
  • Daftar jadi developer dan install SDK
Kunjungin dulu situsnya apple disini untuk daftar jadi developernya, so kita bisa ngedownload SDK (2 GB++) yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi, yang didalamnya udah tersedia IDE XCode untuk menulis script/code program, interface designer, documentation library, dan juga iPhone Simulator untuk ngetes. Setelah download selesai, install deh SDK-nya di Mac kamu. Sebagai catatan, SDK ini hanya support untuk MacOS 10.5 Leopard dan MacOS 10.6 Snow Leopard, jadi klo kamu punya-nya Tiger ke bawah, ya dianjurkan upgrade.
  • Belajar ObjectiveC
Pernah denger bahasa pemrograman itu? ObjectiveC adalah turunan dari C yang mengimplementasi Object Oriented Programming dan dipakai dalam pengembangan aplikasi iPhone. Kumpulin dan baca bahan2 tentang ObjectiveC ini yang ngampar di internet, pelajari dan buat program2 sederhana dulu sampe kamu familiar dengan lingkungannya.
  • Bikin aplikasi
Nah klo kamu udah merasa siap untuk membuat aplikasi pertama, mulailah dengan membaca doa *halah* dan ketik deh code2 yang ada di kepala kamu. Keluarin smua ide2 yang muncul, tetep fokus selagi mengembangkan aplikasi kamu, pastiin aplikasi itu bermanfaat untuk orang lain biar bisa dijual. Nggak semua aplikasi selesai dalam waktu singkat. Aplikasi2 yang keren bisa jadi memerlukan waktu ber-minggu2 bahkan ber-bulan2 untuk rampung dan mendapat hasil yang maksimal, yang penting inget: tetep fokus!
  • Pake sendiri atau jual ke orang lain!
Begitu aplikasi kamu selesai, maka sesuai tujuan awal kamu, kamu bisa jual aplikasi itu kepada orang lain dan mendapatkan keuntungan setiap harinya atau hanya sekedar dipakai sendiri. Lebih bagus sih dua-duanya, kamu buat aplikasi untuk sendiri, trus iseng-iseng taro di App Store, eh banyak yang download malah dapet duit!hehe
Tapi jangan kuatir klo kamu udah naro aplikasi kamu di App Store dan baru sedikit yang mendownloadnya. Disini diperlukan kesabaran dan kegigihan juga lho dalam penjualan aplikasi kamu. Sedikit promosi juga diperlukan biar orang-orang pada ngeh ngeliat aplikasi kamu.

sumber :  http://ilmuti.com/2011/10/09/iphone-developer/

2 komentar:

{ Muhammad Husni Farid } at: 1 April 2012 pukul 08.23 mengatakan...

Mahal kang ,,, tapi boleh lah bayarin ane,,,

{ Muhammad fazri } at: 6 April 2012 pukul 18.55 mengatakan...

boleh......ahhh

Posting Komentar